Minggu, 23 Desember 2012

Sumsum Tulang


Hai . . .
Ketemu lagi di Bio Atmosphere . .
Waktunya makan siang . . .
Siang-siang gini enaknya cari makanan yang enak, mantap dan bergizi.
Hemm . . .
Sup sumsum sapi mungkin merupakan makanan yang pas untuk dinikmati.





Ternyata sumsum memiliki manfaat yang baik untuk dikonsumsi siapa saja, baik anak maupun dewasa. Sumsum sapi dapat meningkatkan fungsi otak dan dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan untuk anak yang susah makan. Sumsum sapi sangat baik untuk memelihara tulang dan gigi dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Hemm . .
Dari tadi kita ngomongin makanan terus . .
Sebenarnya apa itu sumsum tulang ? Dan apa fungsinya ?





Sumsum tulang adalah jaringan spons lembut yang terletak di dalam rongga interior tulang 
panjang. Pada orang dewasa, sumsum dalam tulang besar menghasilkan sel-sel darah baru. Sumsum tulang membentuk sekitar 4% dari berat tubuh total (sekitar 2,6 kg di dewasa yang sehat).

Jenis sumsum tulang
Ada dua jenis sumsum tulang:
·         sumsum merah yang bertanggung jawab untuk memproduksi sel darah merah, putih sel darah merah dan trombosit
·         sumsum kuning yang terdiri terutama dari sel-sel lemak
Ada sejumlah pembuluh darah dan pembuluh darah kapiler melintasi melalui sumsum menjadikannya sebuah organ yang sangat vaskular.
Pada saat lahir dan anak usia dini sebagian dari sumsum merah. Sebagai orang usia lebih dan lebih dari itu adalah menjadi sumsum kuning. Sekitar setengah dari dewasa sumsum tulang sumsum merah.

Fungsi sumsum tulang
Sel darah merah (eritrosit) membawa oksigen ke jaringan.
Platelet atau thrombocytes (berasal dari megakaryocytes) membantu mencegah pendarahan dan membantu pembekuan darah.
Granulosit (neutrofil, basofil dan eosinofil) dan makrofaga (secara kolektif dikenal sebagai myeloid sel.) melawan infeksi dari bakteri, fungi dan parasit lain. Mereka juga menghapus sel-sel mati dan merombak jaringan dan tulang.
Limfosit B memproduksi antibodi, sedangkan T-limfosit langsung dapat membunuh atau mengisolasi menyerang sel.
RBC hidup untuk sekitar 170 hari dan istirahat pendek tinggal dan perlu diisi ulang terus menerus. Manusia rata-rata memerlukan sekitar seratus miliar hematopoietik sel baru setiap hari. Ini dilakukan oleh Hematopoietic Stem Cells (HSCs).

Sumsum tulang dan sel-sel induk
Di sekitar pusat menanggung tulang atau pusat sinus kebohongan sel-sel batang Mesenchymal. Sel-sel ini memiliki kapasitas untuk membentuk berbagai sel tubuh termasuk osteoblas (yang membentuk tulang), chondrocytes (yang membentuk tulang rawan), myocytes (yang membentuk otot) dan sel-sel lain. Selain ini ada sel-sel induk endotel yang membentuk pembuluh darah.

Patologi sumsum tulang dan diagnosis
Penyakit sumsum tulang seperti leukemia, beberapa myeloma, sindrom myelodysplastic (MDS), pansitopenia, anemia dll memerlukan pemeriksaan jaringan sumsum tulang. Ini disebut aspirasi sumsum tulang atau tulang sumsum biopsi. Jarum digunakan untuk menarik sampel sumsum dari dalam tulang. Hal ini sering proses yang sangat menyakitkan.
Sumsum tulang ditekan dengan penggunaan kemoterapi kanker. Hal ini menyebabkan penurunan produksi sel (memimpin untuk anemia), WBCs (mengarah ke peningkatan risiko infeksi yang mengancam kehidupan) dan trombosit (menuju risiko pendarahan kecenderungan) yang parah.
Dengan munculnya ilmu kedokteran mungkin sekarang untuk transplantasi sumsum tulang di berpenyakit individu. Proses ini telah menunjukkan keberhasilan dalam sejumlah pasien kanker.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design Downloaded from Free Blogger Templates | Free Website Templates