Minggu, 23 Desember 2012

KANDUNGAN GIZI APEL

Hai . . .
Jumpa lagi di Bio Atmosphere . . .

Panas-panas gini enaknya makan buah-buahan yang enak dan segar . .
hemmm pasti enak . .
Ngomongin buah-buahan, apel adalah buah favorit saya . Rasanya yang manis dan segar membuat buah ini mantap dimakan . Dan terusterang saya penasaran mengenai kandungan gizi yang ada di dalamnya . Kira kira apa saja ya . . .



Dalam buah apel, terdapat banyak kandungan gizi. Apel banyak mengandung vitamin, mineral serta unsur lain seperti fitokimian, serat, tanin, baron, asam tartar, dan lainnya. Zat inilah yang sangat diperlukan bagi tubuh kita untuk mencegah dan menanggulangi berbagai penyakit.

  1. Buah apel kaya akan kandungan vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan vitamin C.
  2. Buah apel benyak mengandung mineral, antara lain: kalsium. magnesium, potasium, zat besi, dan zinc.
  3. Apel mengandung fitokimia, dimana fitokimia adalah antioksidan untuk melawan radikal bebas yang berasal dari polusi atau lingkungan sekitar. Zat ini juga berfungsi untuk menekan jumlah kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.
  4. Buah apel mangandung banyak serat, sehingga baik dikonsumsi orang yang menjalankan diet. Karena serat yang tinggi akan mencegah lapar datang lebih cepat. Serat dalam apel juga berguna untuk mengikat lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh untuk selanjutnya dibuang.
  5. Buah apel juga memiliki kandungan tanin. Tanin adalah zat yang berfungsi membersihkan dan menyegarkan mulut, sehingga dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi.
  6. Di dalam buah apel terdapat baron, yang berfungsi mempertahankan jumlah estrogen dalam tubuh seorang wanita.
  7. Apel mengandung flavoid yang merupakan zat yang berfungsi menurunkan resiko kanker.
  8. Dalam buah apel juga terdapat asam D-glucsric. Asam D-glucaric ini merupakan zat yang dapat menurunkan kadar kolesterol.
  9. Dalam buah apel terdapat asam tartar yang dapat menyehatkan saluran pencernaan. Karena zat ini mampu membunuh bekteri yang ada dalam saluran pencernaan.
  10. Buah apel juga mengandung quercetin. Quercetin merupakan zat yang dibutuhkan untuk meningkatkan kadar antioksidan, sehingga tubuh terasa lebih sehat dan mencegah barbagai penyakit.
Wah wah . . . banyak juga yah kandungan gizi dalam buah apel . .
jadi semakin suka sama buah bulat ini . . .
hemmm . . .
yummy . . .

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design Downloaded from Free Blogger Templates | Free Website Templates