Sabtu, 17 November 2012

Jamur Merang


     Jamur merupakan salah satu bahan pangan yang mempunyai nilai gizi yang tinggi non kolesterol. Jamur kaya akan protein. Bahkan dari penelitian dari para ahli jamur , jamur sebagai makanan anti kolesterol dan bahkan bisa mencegah kanker.
     Jamur merang (Volvariella volvecea, sinonim: Volvaria volvacea, Agaricus virgata atau Vaginata virgata) atau kulat jumpung dalam bahasa Aceh adalah salah satu spesies jamur pangan yang banyak dibudidayakan di AsiaTimur dan Asia Tenggara yang beriklim tropis atau subtropis. Jamur Merang atau banyak yang mengenal dengan jamur kancing yang memang bentuknya seperti kancing. Warnanya bisa putih keabu-abuan atau kecoklatan. Ciri khas dari jamur ini adalah bentuknya yang bulat dan ditutupi semacam tudung.
     Jamur merang dikenal sebagai warm mushroom, hidup dan mampu bertahan pada suhu yang relatif tinggi, antara 30-38°C dengan suhu optimum pada 35°C.



     Beragam kandungan gizi yang ada pada jamur merang
> Asam amino esensial
   Terdapat 20 macam asam-asam amino yang terkandung dalam jamur merang. Dari 20 macam itu di antaranya adalah isoleucin, methionin, lysine, histidin, trythopan threonin, phenylalanine, leucin, dan masih banyak asam amino yang lainnya. Asam amino ini dibutuhkan untuk sintesa protein maupun enzim-enzim yang dibutuhkan oleh manusia.
> Lemak
   Kandungan lemak pada jamur merang sangat rendah, yaitu 7,3% . Kandungan terbanyak berupa provitamin D2 dan r-ergegosterol. Sebagian besar lemak yang dikandung berupa asam lemak tak jenuh (asam linoleat), karena itu dapat mengutungkan bagi kesehatan kita.
> Vitamin
   Jamur merang mengandung vitamin-vitamin terutama: Thiamin (Vit B1), Riboflavin (Vit B2), Niacin, Biotin & Asam ascorbat (Vit C). Dan selain itu provitamin D2 yang dengan bantuan sinar ultraviolet dapat diubah menjadi Vit D.
Selain itu pun ada Asam Folat dalam jamur merang. Asam Folat biasanya terdapat pada sayur-sayuran berhijau daun. Asam Folat perlu untuk tubuh kita dan digunakan dalam pembelahan sel-sel butir darah merah.
> Mineral
   Jamur juga mengandung mineral-mineral yang dibutuhkan tubuh kit, antara lain unsur-unsur: K, P, Na & Mg yang cukup. Sehingga dapat digunakan oleh sel-sel tubuh kita untuk tumbuh maupun bermetabolisme.
     Jamur Merang sangat bermanfaat karena memiliki bermacam-macam enzim, salah satunya itu tripsin.Tipsin yang ada dalam kandungan jamur merang berfungsi untuk mengatasi sembelit, mencegah penyakit kanker kolon serta menjaga kesehatan atas pencernaan yang ada dalam tubuh Anda. Jamur Merang dapat juga di gunakan sebagai pelindung, karena kandungan vitamin B - kompleksnya yang termasuk riboflavin serta memiliki asam amino esensial yang cukup lengkap.
     Berikut ini adaleh beberapa contoh khasiat jamur merang yang sangat bagus bagi kesehatan:
1. Jamur bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan produksi kolesterol baik.
2. Mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan penyakit stroke.
3. Mengurangi resiko Anda terkena penyakit jantung yang berbahaya.
4. Mengurangi resiko Anda terserang penyakit kanker.
5. Kandungan proteinnya yang tinggi sangat baik untuk membantu metabolisme yang terjadi dalam tubuh.
6. Manfaat jamur merang juga terletak pada kandungan vitaminnya. Vitamin B kompleks dan C-nya mampu meningkatkan kekebalan/daya tahan tubuh dari penyakit.
7. Zat eritadenin yang merupakan zat aktif dalam jamur merang dipercaya memiliki kemampuan untuk menawarkan racun yang ada di dalam tubuh.
8. Zat antibiotik jamur mampu mengurangi resiko Anda terkena berbagai penyakit.
9. Kandungan serat pangan pada jamur merang yang cukup tinggi, baik untuk sistem pencernaan tubuh. Manfaat jamur merang yang satu ini bisa sangat berguna bagi Anda yang sedang diet.
10.Jamur merupakan sumber enzim yang cukup baik. Salah satu enzimnya adalah tripsin yang tentu bermanfaat dalam proses pencernaan.      

Biasanya orang yang mengkonsumsi jamur bukan hanya karena rasanya yang lumayan lezat, akan tetapi bisa juga di karenakan akan manfaat dari kandungan gizi yang terkandung dalam jamur itu sendiri. Faktor khasiat dan manfaat inilah yang faktor orang pada mengkonsumsi jamur. Dimana guna untukmenjaga kesehatan tubuh dan hal lain yang berkaitan dengan vitalitas. Tidaklah mengherankan jika berbagai jenis jamur kini menjadi bagian dari menu favorit di sejumlah rumah makan.

SUMBER :

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Info yang bagus, bro!! :D

Posting Komentar

 
Design Downloaded from Free Blogger Templates | Free Website Templates